Andai saja bahagia itu tidak bersyarat, maka bunga mawar tidak perlu berduri

Jumat, 01 Juni 2007

OTOBIOGRAFI DALAM LIMA BAB SINGKAT




Dicuplik dari There’s Hole in My Sidewalk
Karya Portia Nelson

I
Aku sedang jalan. Ada lubang yang
Dalam tepinya. Aku terperosok.
Aku tak berdaya. Itu bukan salahku.
Lama sekali baru aku bisa keluar.

II
Aku sedang jalan di jalan yang sama. Ada lubang
Yang dalam di tepinya. Aku pura-pura tidak
Melihatnya. Lagi-lagi aku terperosok.
Tidak kusangka aku berada di tempat yang
sama lagi. Tetapi itu bukan salahku. Masih saja
lama sekali baru aku bisa ke luar.

III
Aku sedang jalan di jalan yang sama. Ada lubang
Yang dalam ditepinya. Aku lihat sih. Tetapi tetap
Saja aku terperosok. Sudah jadi kebiasaan. Sekarang
mataku terbuka. Aku tahu dimana aku berada.
Ini salahku. Akupun segera keluar.

IV
Aku sedang jalan di jalan yang sama. Ada lubang
Yang dalam ditepinya. Aku menghindarinya.

V
Aku jalan lewat jalan yang lain.

0

0 comments:

Posting Komentar

Popular Posts