Andai saja bahagia itu tidak bersyarat, maka bunga mawar tidak perlu berduri

Selasa, 17 Juli 2012

*Poko'e bismillah*


Nemu website ini (http://www.sekolahmusikmiladomus.com/instruments/2/) sederhana tapi sangat menarik perhatian. Poko'e kalo balik ke kampung halaman terus punya duit, abie akan kursus alat musik tersebut daripada dibeliin rokok atau gorengan... :D 
#Ga doyan rokok doyannya gorengan.
Alat musik yang bisa menjadi pilihan:

#Guzheng
Kecapi China termasuk alat musik tradisional China yang paling populer. Guzheng mempunyai bentuk seperti kotak yang cembung dan terbuat dari kayu sebagai kotak suara, diatasnya terbentang 21 senar. Ditengah senar tersebut ditempatkan pengganjal yang dapat digeser untuk menaikan atau menurunkan frekuensi nada. Senar - senar tersebut disetel pada nada pentatonis China yang terdiri dari nada: do, re, mi, fa, sol dan la. Guzheng dimainkan dengan cara dipetik. Jari - jari untuk memetik alat bantu berupa kuku palsu yang terbuat dari tempurung kura - kura atau plastik. Tangan kanan pada umumnya digunakan untuk memainkan melodi, sedangkan tangan kiri digunakan untuk memainkan chord.

#Yangqin
Nama alat musik memiliki banyak senar, cara memainkannya dengan memukul dengan stik bambu sebagai pemukulnya yang berasal dari China. Yangwin dapat dimainkan secara solo atau bagian dari grup musik. Pada perkembangannya sekarang, sering digunakan adalah tipe 401 dengan 4 lajur kepala senar dan terdiri dari 144 senar. Pada pementasannya, yangqin ditaruh diatas sebuah susunan seperti meja dengan tiga sisi yang menyangganya. Kemudian pemain akan memukul senar menggunakan pemukul dengan gerakan yang lebih lembut namun mirip seperti pemukul drum yang terbuat dari bambu. 

#Erhu
Secara umum, keluarga alat musik gesek ini dikenal juga dengan istilah huqin yang berarti alat musik orang barbar. Dinamakan demikian karena diperkenalkan oleh orang barbar yang berasal dari asia tengah. Erhu biasanya menggunakan membran dari kulit ular piton, tetapi ada juga yang menggunakan bahan lain. Kotak suara dapat berbentuk segi enam, segi delapan atau bulat. Kotak suara ini juga bervariasi ukurannya, semakin besar ukuran kotak suaranya maka bunyi bass yang dihasilkan semakin besar dan begitu pula sebaliknya. Erhu digesek dengan busur yang terbuat dari bambu dan rambut ekor kuda, ekor kuda itu ditempatkan diantara kedua senar sehingga memudahkan perpindahan menggesek antara kedua senar. Rambut ekor kuda tersebut digosok dengan damar sehingga terasa kesat sewaktu digesek. Erhu biada disetel dengan nada D - A atau C- G.
Seru dan menantang!!!
0

0 comments:

Posting Komentar

Popular Posts