Andai saja bahagia itu tidak bersyarat, maka bunga mawar tidak perlu berduri

Senin, 12 September 2011

Anak Beasiswa


Pernah ga sih lo lo pade ngarep - ngarepin dapetin beasiswa untuk belajar, training, atau kursus?
Beasiswa itu apaan sih:
Beasiswa adalah pemberian berupa bantuan keuangan yang diberikan kepada perorangan yang bertujuan untuk digunakan demi keberlangsungan pendidikan yang ditempuh. Beasiswa dapat diberikan oleh lembaga pemerintah, perusahaan ataupun yayasan. Pemberian beasiswa dapat dikategorikan pada pemberian cuma - cuma ataupun dengan ikatan dinas setelah selesainya pendidikan. Lama ikatan dinas ini berbeda - beda tergantung pada lembaga yang memberikan beasiswa tersebut. 
Bagi abie beasiswa itu jalan abie ngedapetin segala ilmu yang abie mau, tak dinyana ekonomi keluarga yang tidak menentu membuat otak harus pontang panting memikirkan bagaimana cara mendapatkan beasiswa tersebut yang pastinya dengan cara yang HALAL. 

Tau ga' sih lo, abie sering dikatain sombongggg adja sih lo!!!
pas abie tanya alasan dia berkata seperti itu dia bilang, lo ga punya waktu lagi, sekarang lo ga mau temenan sama gw, kalo gw butuh lo, lo nya ga ada. 
Ya Rabb, ati ini meringis menangis mendengar kata" tersebut. Saya yang salah atau dia yang tidak tahu keadaan saya. FYI: teman" abie itu banyakan orang berada. 
Heeelllllooooo, gw salah apa sih. Gw kayak begini biar pengen nyamain status kayak kalian. Gw pengen bahagia, gpp gw kerja keras sedari kecil tapi yang gua harapkan adalah bisa lebih bae kehidupan gw kedepannya.  
BAYANGIN: Disaat lo - lo pada keluyuran malam", nge-date lah, mojok lah, gw kudu belajar dan musti belajar, kalau nilai gw turun, beasiswa gua ditarik. Kalo lo bangun jam 1/2 6, gw kudu bangun jam 03.00 pagi butaaa, untuk belajar. Bahkan sabtu minggu gw pake buat kursus.  Kadang gw juga ga tahan terus2an kayak gini, kalau lo pikir2 dah, masa muda adalah masa paling indah, tapi ga buat gua masa muda adalah masa perjuangan, masa kerja keras. tapi lo ga ngerti perasaan gw. 

Gw butuh teman tau . Gw sih nyantai adja ngadepinnya, tapi ga seorang doang yang ngomong. kadang sakit ati juga.

Anak beasiswa? Maksudnya apa? 
Gw bisa dibilang adalah termasuk anak beasiswa. Gw alamin sendiri sejak MTs sampe sekarang dan bahkan nanti gw S3 semua gua dapetin lewat beasiswa, Gw sih bersyukur banget dapetinnya, tapi kadang gua nangis sendirian, apa ini artinya keluarga gua ga mampu bayar untuk gua belajar???
Ya betul, keadaan ekonomi lah yang membuat gua seperti ini, pontang panting otak.
Tercatat gw dapet beasiswa:

1. MTs
Hampir semua semester gw laluin dengan beasiswa prestasi, dari yang juara III sampe juara umum.  Apapun gw lakuin dah, Pacaran!!! (ga terlintas dalam benak gw). Dari yang baca di angkot, baca di toilet. 
2. SMA 
Gw sekolah SMA di International Islamic Boarding School Republic of Indonesia, Mentereng ga sih namanya, tapi ga sementereng kehidupan gw disana. Bagaimana mungkin anak kuli bangunan ber SMA disana... Tapi ternyata gw bisa laluin dengan baik, bahkan gw tercatat selalu masuk III besar. 
Biaya masuknya? Maenannya Dollar, setahun 10.000 Dollar, gila adja, gw kudu jual tanah sebelah mana? Ternyata dengan beasiswa gw bayar dengan 1.000.000 Rupiah sadja dari 100.000.000 (If 1 $ = 10.000). Dari mana garukkkk cobaaa!!!
Itu masih pertahunnya doang, perbulannya?? 500$, atawa 5.000.000, dan gw cukup bayar 200.000 adja. Bisa dikatakan gw mati2an belajar disana, sebenarnya gw bukan anak jenius, cerdas bahkan pintar, gw cuman anak yang berusaha rajin. 
Untuk masalah kehidupan gw, gw jauh dari layak, untungnya di SMA gua semua tersedia, makan tinggal makan, cuci tinggal kasih ke bibi, teman2 gw baik semuanya. Alhamdulillah 2 tahun gw bisa laluin. Acceleration class...
3. S-1
Gw dapet beasiswa lewat jalur Prestasi dari SMA, tapi itupun belom cukup, beasiswa mulai dari BBM, Honda, Tali kasih gw jabanin, demi apa? Demi kelangsungan belajar gw bro. Berbagai perlombaan tingkat nasional gw ikutin, buat apa? salah satunya hadiahnya, lumayan buat bayar SKS.  
4. S-2 & S-3
Alhamdulillah gw dapet beasiswa lagi, sampe S3, tepatnya di Korea Selatan. Gw dapet beasiswa Integrated Master - Doctoral disana, di Gyeonggi-do. 
Semuanya itu gw laluin dengan beasiswa, gw sangat bersyukur sekali. tapi ya itu, gw kudu belajar dan belajar, disaat orang laen, ngegitar2 dimalam minggu, gw kudu belajar, disaat orang lain istirahat gw kudu les. Gw ada dirumah cuman buat tidur doang, ampe sabtu minggu aja gw pake. Stress ga sih lo...lo bisa bayangin, jangan asal ngatain gw sombong.
Dimana letak kesombongan gw, dimana?
Gw begini pengen ngebahagian orang tua gw, lo sih enak, kerja dikit, ga terlalu risau, lha gw, kerja banyak adja masih risau, apalagi kerja yang cuman begitu2 adja, kita berbeda.
Tolong hargai saya, jangan katakan saya seperti itu, saya juga sebenarnya ga mao. mao bagaimana lagi????
KAPAN GW MAENNNN???
hanya disela - sela itulah gw maen, ditemenin sepupu gw yang masih kecil2, mereka lah yang bisa menutupi kesendirian gw selama ini setelah gw lulus dari kuliah S-1 gw. 
Gw harap kehidupan gw bisa lebih bae...
Allah ta'ala berfirman,
Tidak akan berubah suatu kaum, sampai kaum itu bisa mengubah dirinya sendiri...
Itulah idup gw..
Jalan kita berbeda....
1

1 komentar:

  1. wuidiihh... Salut Wan..
    perjuanganmu ga sia-sia...
    pokoknya semangat!!!
    saya iri dgn smangat 45 mu kawan!
    hahahaa

    BalasHapus

Popular Posts